Resep Donat water roux Oleh Rizka Khomsyafitri

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Donat water roux Oleh Rizka Khomsyafitri
  • Resep Donat water roux oleh Rizka Khomsyafitri

    Berikut ini resep memasak Donat water roux. Resep Donat water roux yang dishare oleh Rizka Khomsyafitri dapat disajikan 20 ??.



    bahan dan cara membuat Donat water roux


    Resep Donat water roux


    Porsi: 20 ??

    Bahan-bahan

    1. bahan water roux:
    2. 25 gr tepung terigu
    3. 125 ml air
    4. bahan dough:
    5. 300 gr tepung terigu
    6. 5 gr ragi instan (setengah bungkus kemasan sachet)
    7. 50 gr gula pasir
    8. 1 butir telur utuh
    9. 2 sdm / 1 sachet susu bubuk fc
    10. secukupnya vanili
    11. 50 ml air (tingkat kelembaban tepung berbeda, disesuaikan saja)
    12. 50 gr margarin
    13. sedikit garam
    14. minyak untuk menggoreng

    Langkah

    1. Membuat water roux: campur tepung terigu dengan air, aduk dengan whisk sampai licin & tidak bergerindil. lalu masak dg api kecil-sedang sampai mengental, jika sudah kental matikan api. Dinginkan. (Adonan water roux harus suhu ruang ketika nanti dicampur ke dough)

    2. Siapkan wadah, campur tepung terigu, ragi, gula pasir, susu bubuk, vanili lalu aduk rata.

    3. Masukkan adonan water roux yg sudah dingin dan telur, uleni sampai hampir membentuk dough, lalu masukkan air sedikit demi sedikit, jangan masukkan air sekaligus, takutnya kelembekan, stop jika dirasa sudah cukup, atau tambah jika masih kurang. Dikira2 saja ya. uleni lagi sampai adonan kalis.

    4. Masukan margarin dan garam, uleni adonan sampai kalis elastis.

    5. Istirahatkan adonan sekitar 45 menit - 1jam atau sampai adonan mengembang. Tutup dengan serbet basah.

    6. Kempiskan adonan, uleni sebentar untuk mengeluarkan udara didalam dough.

    7. Timbang adonan sesuai keinginan, total berat adonan kira2 600gr saya bagi per 30gr, jadi bisa dapet 20 pcs, cetak / bentuk adonan, Taruh di nampan (tips : taruh di nampan yang telah diolesi minyak tipis2, ini lebih mudah diambil nantinya drpd ditaburi terigu, dan gak bikin minyak jd kotor)

    8. Diamkan lagi sampai mengembang, kalo sudah mengembang segera goreng (kalo kelamaan nanti donatnya bisa asem/kecut). Goreng di minyak panas api kecil (beri sedikit shortening / margarin putih kedalam minyak agar donat tidak terlalu menyerap minyak, atau goreng dg minyak padat lebih bagus) gorengnya 1x balik aja biar ga terlalu menyerap minyak. Bila sudah kecoklatan angkat.

    9. Kalo pengin ngasih topping, tunggu sampe donat dingin yah, kasih topping sesuai selera. Kalo punya saya diolesi butter cream + messes coklat, messes warna, keju.

    10. Donat empuk water roux siap dihidangkan untuk menemani ngeteh sore / cemilan anak2




    Itulah Resep Donat water roux, Mudah-mudahan berguna untuk pembaca sekalian.Untuk mencari berbagai resep lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. Kami memiliki sekitar satu juta resep makan dan minuman yang tentunya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Donat water roux diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Donat water roux Oleh Rizka Khomsyafitri diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Donat water roux Oleh Rizka Khomsyafitri dengan alamat Url: https://jennyrosita.blogspot.com/2016/02/resep-donat-water-roux-oleh-rizka.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.